ADA KALANYA KITA BERLAYAR DENGAN TULISAN

Jumat, 23 September 2011

Unsur Mn dalam Tubuh


UNSUR Mn DALAM TUBUH MANUSIA



BAB I
PENDAHULUAN
  1. LATAR BELAKANG
Dalam tabel periodik unsur kimia, Mangan memiliki lambang Mn dengan nomor atom 25. Unsur kimia adalah zat kimia yang tidak dapat dapat diubah menjadi zat kimia laindengan cara biasa dan tidak dapat dipisah menjadi zat yang lebih kecil. Unsur-unsur kimiadalam bentuk tabel ditampilkan dalam bentuk tabel periodik unsur-unsur kimia. Nomor atom adalah angka yang menunjukan jumlah proton dalam inti atom. Yang berarti bahwa Mangan memiliki 25 jumlah proton dalam inti atomnya.
Mangan ditemukan sebagai unsur bebas dalam sifat dasarnya dan sering dicampur dengan besi, seperti mineral-mineral lainnya. Ion-ion dari mangan berfungsi sebagai faktor-faktor penunjang untuk beberapa enzim-enzim dalam makhluk-makhluk hidup bertingkat tinggi,dimana mereka berfungsi sebagai hal-hal penting dalam detoksifikasi (proses pengeluaran racun atau zat-zat yang bersifat racun dari dalam tubuh) radikal-radikal bebas.
Karena berkaitan dengan proses pengeluaran racun dari dalam tubuh, maka perlu pengetahuan orang banyak untuk mengetahui unsur mangan mengingat banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari aplikasi unsure mangan itu sendiri.

  1. RUMUSAN MASALAH
1.    Unsur-unsur mangan apa saja?
2.    Apa manfaat zat Mangan dalam tubuh?
3.    Apa kelemahan zat Mangan dalam tubuh, jika banyak apakah ada efek ? jika kurangapakah ada efek?

BAB II
UNSUR Mn (Mangan)

            Unsur-unsur kimia yang terdapat dalam tubuh manusia terdiri atas 5 kelompok yaitu :
  1. Karbon , Hidrogen, Oksigen, Nitrogen, dan Sulphur, merupakan komponen utama molekul-molekul tubuh.
  2. Kalsium, Fosfor, Magnesium, Natrium, Kalium, dan Klorida. Merupakan mineral-mineral yang penting untuk nutrisi. Dibutuhkan dalam tubuh makanan lebih besar dari 100 mg/hari.
  3. Kromium, Kobalt, Tembaga, Yodium, Besi, Mangan, Molybdenum, Selenium, dan Seng. Merupakan unsur trace elemn yang terdapat sedikit dalam tubuh.
  4. Arsen, Kadmium, Nikel Silicon, Timah, dan Vanadium. Merupaka unsure tambahan dan tidak diketahui mempunyai fungsi essensial pada manusia.
  5. Timah hitam dan air raksa. Unsur yang beracun.

Dari data diatas, kami hanya menarik satu unsur yang ada dalam tubuh manusia yaitu unsur Mn (Mangan).

  1. Sumber Mangan

Mineral mangan tersebar secara luas dalam banyak bentuk; oksida, silikat, karbonatadalah senyawa yang paling umum. Penemuan sejumlah besar senyawa mangan di dasar lautan merupakan sumber mangan dengan kandungan 24%, bersamaan dengan unsur lainnyadengan kandungan yang lebih sedikit.Potensi cadangan bijih mangan di Indonesia cukup besar, namun terdapat di berbagailokasi yang tersebar di seluruh Indonesia. Potensi tersebut terdapat di Pulau Sumatera danKepulauan Riau, Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua. Kebanyakan senyawa mangan saat ini ditemukan di Rusia, Brazil, Australia, Afrika Selatan, Gabon, dan India.
Irolusi dan rhodokhrosit adalah mineral mangan yang paling banyak dijumpai. Logam ,mangan diperoleh dengan mereduksi oksida mangan dengan natrium, magnesium, alumunium, atau dengan proses elektrolisis..Mangan merupakan salah satu unsur yang paling banyak terdapat di dalam kerak bumi.Bijih mangan yang utama berasal dari pirolusit (MnO2) dan psi-lomelan (Ba,H2O)2Mn5O10. Mangan yang mengandung oksida lainnya namun berperan bukan sebagai mineral utama dalam deposit bijih mangan adalah bauksit, manganit, hausmanit, dan lithiofori. Sumber mangan yang mengandung karbonat adalah rhodokrosit sedangkan sumber mangan yang yang mengandung silika adalah rhodonit.
Gambar 1 Salah satu bijih mangan, yaitu psilomelan (Ba,H2O)2Mn5O2


  1. Unsur Mangan Dalam Tubuh

Sumber  makanan :
Telur, kacang-kacangan, polong-polongan, sayuran berdaun hijau, daging merah. Pada buah-buahan terdapat pada buah strawberry, nanas, anggur. Ikan, produk susu, pada konsentrasi tinggi terdapat pada mitokondria.

Mangan tersebar di seluruh jaringan tubuh. Konsentrasi mangan tertinggi terdapat di hati, kelenjar tiroid, pituitary (kelenjar endokrin yang kira-kira sebesar kacang yang terletak di dasar tulang tengkorak dan di bawah otak), pankreas, ginjal, dan tulang. Jumlah pemasukan harian sampai saat ini belum dapat ditentukan secara pasti, meskipun demikian, beberapa penelitian menunjukan bahwa jumlah minimal sekitar 2,5 hingga 7mg mangan per hari dapat mencukupi kebutuhan manusia.
Mangan juga disebut sebagai mineral otak, yang penting dalam penggerakan semua fungsi mental. Mangan menunjang memori otak dan fungsi saraf lainnya. Walau hanya ditemukan sedikit dalam tubuh, tapi menunjang daya tahan tubuh. Mangan meningkatkan ketahanan tubuh, dan memperkuat otot, jaringan, dan kerangka organ.
Bila tubuh manusia tidak disuplai dengan mangan, berbagai jaringan, sel, saraf akan menjadi rapuh. Mangan membangun molekul yang dikenal sebagai Mukopolisakarida yang berguna untuk membentuk tulang dan organ tubuh, yang pembentukannya bersama dilakukan oleh Ca, Mg dan mineral penguat tulang lainnya.
Mangan juga berperan dalam pertumbuhan rambut dan kuku, dan membantu menghasilkan enzim untuk metabolisme tubuh untuk mengubah karbohidrat dan protein membentuk energi yang akan digunakan.


  1. Kelebihan dan Kekurangan Unsur Mn di Tubuh Manusia

Efek jika kelebihan:
Menyebabkan kadar besi dalam tubuh menurun sehingga meningkatkan resiko terkena anemia, gangguan kulit, jantung, hati, pembuluh darah dan kerusakan otak. Selain itu, mangan yang berlebihan dapat mencegah penyerapan zat tembaga untuk tubuh.

Efek jika kekurangan:
Beresiko terkena diabetes, osteoporosis, rematik dan kolesterol tinggi.

BAB III
KESIMPULAN

            Mangan sebagai unsur kimia yang masuk ke dalam tubuh sangat berguna bagi metabolisme tubuh. Dimana mangan yang terbawa oleh sumber makanan yang mengandung mangan akan menyuplai kegiatan-kegiatan dalam pertumbahan tulang, kinerja otak, hati, pankreas,dll.
            Sumber makanan yang mengandung mangan terdapat pada sayuran hijau, daging merah, buah-buahan, kacang-kacangan, polong-polongan. Kandungan yang terdapat didalamnya harus seimbang dengan makanan lainnya yang sama bergizi. Karena dari mangan ada kelebihan dan ada kekurangan.

Efek jika kelebihan:
Menyebabkan kadar besi dalam tubuh menurun sehingga meningkatkan resiko terkena anemia, gangguan kulit, jantung, hati, pembuluh darah dan kerusakan otak. Selain itu, mangan yang berlebihan dapat mencegah penyerapan zat tembaga untuk tubuh.

Efek jika kekurangan:
Beresiko terkena diabetes, osteoporosis, rematik dan kolesterol tinggi.

            Dari wancana kita bisa menarik kesimpulan, bahwa mangan adalah salah satu unsure yang sangat berguna bagi tubuh manusia, dengan kadar yang tidak berlebih dan jangan kurang.



DAFTAR PUSTAKA

  1. http://chaidarwarianto.guru-indonesia.net/artikel_detail-45.html
  2. http://www.analisadaily.com/news/read/2011/08/29/10764/kenali_logam_dalam_tubuh_anda/
  3. http://www.scribd.com/doc/55162837/makalah-mangan
  4. http://pituitaryjkt.wordpress.com/pituitary-info/






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar